Resep Dan Bumbu Masakan Rendang Super Simpel

Masakan rendang merupakan salah satu hidangan khas dari Melayu utamanya Padang yang sudah tidak diragukan lagi keistimewaannya. Anda bisa mencoba memasaknya dengan resep masakan rendang berikut.

Siapa tidak kenal rendang, hidangan yang sempat menduduki posisi teratas dalam makanan terenak di dunia pada tahun 2011 menurut survei CNN internasional.

Hidangan dengan bahan baku daging ini memang sudah lama dikenal sebagai makanan istimewa. Bahkan biasanya disajikan untuk jamuan acara istimewa pula bagi masyarakat Melayu.

Dianggap istimewa bukan hanya karena menggunakan bahan baku daging sapi. Tetapi karena rendang menggunakan bahan yang lengkap dan kaya rempah.

Kandungan rempah yang kaya ini menjadikan hidangan ini tidak sekedar nikmat di lidah, tetapi juga sehat untuk Anda konsumsi. Ini berkat kandungan beragam unsur antioksidan di dalamnya.

Kandungan antioksidan dalam beragam rempah yang Anda gunakan sebagai bumbu masakan rendang menjadikan hidangan ini lebih sehat dari yang Anda kira.

Rendang juga jadi lebih tahan lama berkat sifat antiseptik yang akan efektif membunuh bakteri dan jamur penyebab makanan tidak awet. Selain karena proses masaknya yang sangat lama dan tanak.

Kendala Dalam Mengolah Rendang

Masakan rendang tidak hanya dikenal dengan rempah yang lengkap, tetapi juga proses pengolahannya yang rumit dan memakan waktu. Banyak orang ragu untuk mengolah rendang karena alasan tersebut.

Padahal Anda juga bisa memasak rendang dengan rasa yang tidak kalah istimewa dengan teknik dan resep yang lebih sederhana. Cara ini akan membuat Anda memasak rendang tanpa harus rumit dan repot.

Bagaimana sebenarnya cara memasak rendang dengan cara yang mudah dan sederhana? Kuncinya pada pemilihan bahan dan penggunaan bumbu yang tepat.

Macam Rempah Dan Bumbu Masakan Rendang Yang Digunakan

Berikut ini adalah urutan resep rempah dan bumbu masakan rendang yang perlu Anda siapkan ketika bermaksud mengolah masakan rendang.

Yang perlu Anda siapkan pertama adalah Daging dari jenis sengkel dengan berat sekitar 400 gram. Daging sengkel dikenal cukup padat, solid namun cukup mudah untuk empuk.

Siapkan pula santan sebanyak 700 ml yang berasal dari 1 buah kelapa. Kemudian jangan lupa pula untuk menyiapkan kelapa parut dari satu kelapa yang sebelumnya telah Anda sangria hingga kering.

Langkah berikutnya adalah mempersiapkan bumbu untuk dihaluskan. Berikut ini merupakan bumbu bumbu yang perlu Anda siapkan untuk nantinya Anda haluskan.

  •         12 buah Cabai merah keriting
  •         5 siung Bawang putih
  •         8 siung Bawang merah
  •         1 ruas Jahe, kupas bersih
  •         1 ruas Kunyit, kupas kulitnya
  •         1 ruas Lengkuas, kupas bersih
  •         1 sendok makan Ketumbar
  •         1 sendok teh Adas manis
  •         ½ sendok teh Pala bubuk

Selain bumbu bumbu yang Anda haluskan di atas, Anda juga perlu menyiapkan bumbu bumbu lain yang akan turut dimasukan pada kuali atau wajan pada proses masak.

Adapun bumbu bumbu tersebut adalah sebagai berikut.

  •         1 Batang Sereh segar
  •         3 lembar daun jeruk segar ukuran sedang
  •         Minyak goreng 7 sendok makan

Cara Pembuatan Masakan Rendang

Kini tiba waktunya untuk mengolah daging menjadi hidangan rendang yang menggugah selera. Berikut ini adalah langkah langkah pembuatannya.

  1.     Bersihkan daging tanpa Anda cuci, cukup dengan dilap menggunakan tisu khusus dapur.
  2.     Potong daging menjadi berukuran dadu besar yang sedikit pipih.
  3.     Tuang minyak goreng pada wajan atau kuali dan panaskan.
  4.     Masukan bumbu halus dan bumbu bumbu lain ke dalam minyak yang sudah panas dan aduk perlahan.
  5.     Tunggu hingga aroma bumbu mewangi, masukan daging aduk merata
  6.     Bila daging sudah berubah warna masukan santan
  7.     Masak dengan api kecil sembari sesekali diaduk merata. Masak sampai daging terlihat empuk.
  8.       Masukan kelapa parut sangrai dan masako. Masak sampai santan menjadi kental

Itulah cara memasak dan macam bumbu masakan rendang yang bisa dengan mudah Anda coba di rumah. Saatnya menyajikan hidangan istimewa di meja makan Anda hari ini. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *