Pentingnya Pembuatan Logo yang Pas Gambarkan Karakter Perusahaan

Segala jenis bisnis dari skala kecil hingga besar wajib menggunakan logo yang merupakan iconik sebuah perusahaan. Dengan lambang ini, masyarakat akan lebih lekat dengan brand sehingga membangun komunikasi non verbal yang efektif dan tentu ini akan meningkatkan penjualan.

Logo tersebut nantinya bisa diterapkan pada produk yang dijual. Dari kemasan, bags, hingga printilan gift kecil yang diberikan sebagai hadiah untuk konsumen. Melalui hal-hal kecil seperti inilah brand akan lebih dikenal luas oleh masyarakat tanpa perlu promosi terlalu anarkis. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai peranan sebuah logo yang tidak sekedar gambar.

Membedakan produk dengan mudah

Ada banyak sekali produk-produk sejenis yang beredar di masyarakat, mulai dari makanan, minuman kemasan, hingga pakaian. Lalu apa yang membedakan mereka? Tentu adalah logo yang terpaut pada tiap produk baik dari kemasan, label baju, dan sebagainya.

Melalui lambang yang telah menjadi ciri khas ini pelanggan tidak akan tertukar dalam membeli barang yang disukainya. Jadi logo adalah hal riskan yang mempengaruhi keputusan seseorang dalam memilih produk tersebut. Terlebih-lebih jika items itu dipajang di rak supermarket dan dijejeri dengan barang serupa.

Brand bisa lebih dikenal luas

Dengan memilih jasa desain logo yang terpercaya, maka peluang sebuah brand untuk sukses pun akan lebih terbuka lebar. Seorang desainer grafis akan memikirkan model apa yang pas agar masuk dengan tepat ke pangsa pasar yang sesuai. Dengan begitu logo akan lebih mudah diterima dan diperkenalkan secara luas.

Cerminan produk di mata konsumen

Apakah logo tersebut dimiliki perusahaan ayam goreng, kue, atau baju dan mobil, semua itu dapat tercermin dari logo yang dimilikinya. Jadi logo bisa dikatakan sebagai first impression dari sebuah brand yang akan menentukan minat tidaknya konsumen untuk membeli. Sehingga perusahaan pun harus berhati-hati dalam membuat logonya.

Nantilah logo ini akan menjadi penarik minat konsumen maka pembuatannya pun harus memikirkan unsur estetika agar tetap menarik. Namun bukan berarti membuat logo yang ramai dan terlalu riuh. Buatlah sesederhana mungkin namun mampu memberikan gambaran besar.

Pebisnis bisa belajar mengamati desain logo dari brand-brand ternama yang rata-rata dibuat simpel sehingga orang mudah mengingat mereka. Untuk jasa pembuat logonya sendiri pun bervariasi berdasarkan pengalamannya, ada yang murah hingga mahal sekalipun.

Pengaruhi konsumen secara psikologis

Dikarenakan efeknya yang dapat mempengaruhi psikologis konsumen, maka pembuatan logo tidak bisa sembarangan. Ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan oleh pebisnis seperti:

  • Pembuatan logo, tidak akan lepas dari pretelan-pretelan kecil yang akan membentuk gambar secara keseluruhan. Maka hal ini juga harus menjadi pertimbangan desainer grafis. Contohnya jika klien ada sebuah rumah makan, maka bisa memasukan peralatan makan seperti sendok garpu yang dibuat menjadi logo estetik.
  • Warna logo yang harus mencerminkan produk serta target konsumen. Misalnya produk ayam goreng atau makanan cepat saji yang gurih sebaiknya memakai warna merah. Hal ini disebabkan menurut penelitian merah membuat orang mudah lapar. Lain lagi jika produk adalah kue-kue manis, pilih logo berwarna pink pastel yang lembut.

Dengan mengetahui hal di atas, Perusahaan atau bisnis yang anda lakoni setidaknnya tidak boleh sembarangan dalam memilih jasa pembuatan logo. Ada informasi tertentu yang harus dibawa dalam sebuah icon di mana akan menjadi ciri khas brand tersebut. Jadi dibanding membuatnya sendiri, gunakanlah jasa ahli sehingga gambar yang dihasilkan dapat benar-benar memproyeksikan bisnis itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.