Miguel Oliveira dan Marc Marquez, Sang Penakluk Lintasan Baru dalam Sejarah MotoGP

Perhelatan MotoGP Mandalika mencetak sejarah baru bagi dunia balap MotoGP. Pembalap asal Portugal, Miguel Oliveira berhasil memenangkan balapan itu. Kemenangan Miguel Oliveira itu menjadi sejarah bahwa dirinya sang penakluk lintasan baru, Sirkuit Mandalika.

Rekor itu berhasil di sabet Miguel setelah memastikan dirinya menaiki podium tertinggi di GP Indonesia. Meski balapan di lintasan basah, nampaknya hal itu tidak terlalu di permasalahkan oleh rider Red Bull KTM itu. Bersama dengan duo Prancis, Miguel berhasil menduduki podium di Srikuti Mandalika.

Duo Prancis itu adalah Fabio Quartararo dan Johann Zarco. Selain itu, memenangi balapan di lintasan baru juga sudah bukan hal baru lagi bagi Miguel mengutip dari laman . Pada perhelatan MotoGP musim 2020, pembalap yang juga berprofesi sebagai dokter gigi itu juga melakukan hal yang sama.

Kala itu di GP Portugal, Sirkuit Internasional, Algarve, Portimao menjadi lintasan baru dalam gelaran MotoGP. Tampil di rumah sendiri, Miguel Oliveira berhasil menuntaskan balapan dengan kemenangan. Kala itu, ia bersama dengan Jack Miller dan Franco Morbidelli berhasil menaiki podium di sirkuit baru, Sirkuit Internasional, Algarve, Portimao, Portugal.

Hingga kini, rekor Miguel Oliveira dalam menaklukkan lintasan baru di GP tercatat sudah sebanyak dua kali. Rekor sang penakluk lintasan baru lainnya juga berhasil di sabet oleh rider Repsol Honda, Marc Marquez. Sebanyak tiga sirkuit telah di taklukkan oleh The Babby Alien sepanjang kariernya balapan di kelas premier, MotoGP.

Sirkuit pertama yang berhasil Marquez taklukkan adalah Termas de Rio Hondo, Argentina. Pada saat itu, GP Argentina berlangsung di tahun 2016. Kala itu, Marquez berhasil menaiki podium pertama setelah menyalip sang legenda, Valentino Rossi.

Pada musim itu, Marquez berhasil mencatatkan rekor pertamanya dalam menaklukkan lintasan baru. Sirkuit kedua yang berhasil di taklukkan oleh pria kelahiran 1993 itu adalah ketika di GP Thailand. Balapan di Buriram, Marquez kala itu berhasil menang secara dramatis.

Dirinya berhasil mengunci gelar juara dunia usai menyalip rivalnya, Fabio Quartararo. Sehingga, rekor Marquez kala itu selain memenangi balapan di sirkuit baru, ia juga menenangi kejuaraan dunia. Kemampuan Marquez untuk menaklukkan sirkuit baru tak hanya berhenti di Thailand.

Pada tahun 2021, ia kembali menunjukkan kegagahannya di trek baru. Balapan di Circuit of The Americas (COTA), ia berhasil menduduki posisi pertama. Tepat di depan rivalnya, Rabio Quartararo yang mengekor di belakang Marquez.

Capaian itu menambah catatan rekor Marquez sudah tiga kali menaklukkan lintasan baru selama berkarier di MotoGP. Kini, rider MotoGP yang memnegang rekor kemenangan di lintasan baru bukan hanya dominasi Marc Marquez. Ada rider asal Portugal, Miguel Oliveira yang kini meraih dua kemenangan di lintasan baru.

Pertama di Portugal dan kedua di Indonesia. Sayang ketika GP Indonesia, Marc tidak bisa turun ke lintasan usai terjatuh pada sesi pemanasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.