Mari Ketahui Apa Saja Penyebab Terjadinya Gastritis

Dalam kehidupan ini, tubuh manusia bisa saja mengalami berbagai penyakit. Penyakit ini dapat dialami seseorang karena banyak hal, entah faktor keturunan, maupun karena kebiasaan buruk yang dilakukannya. Salah satu penyakit yang juga cukup sering menyerang manusia adalah gastritis.

Penyakit gastritis sendiri adalah penyakit yang terjadi dibagian tubuh manusia, yaitu lambung. Penyakit ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri yang hebat dibagian ulu hati. Bila terus dibiarkan, penyakit gastritis ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi serius pada tubuh.

Karena rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit gastritis ini sangat hebat, ada baiknya Anda menjauhi penyebab penyakit ini. karena itu, kali ini akan dibahas apa saja penyebab terjadinya gastritis.

Macam – Macam Penyebab Terjadinya Gastritis

Penyakit gastritis merupakan salah satu penyakit yang terjadi di lambung yang menyebabkan rasa neri yang luar biasa pada ulu hati. Proses terjadinya penyakit ini ada yang kronis atau sudah lama ada, dan ada juga yang akut atau tiba – tiba muncul.

Bila Anda ingin menghindari penyakit ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab dari penyakit gastritis ini. Untuk itu, kali ini akan dibahas apa saja hal yang menyebabkan Anda bisa memiliki penyakit gastritis.

1. Sering Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Penyebab pertama dari penyakit gastritis ini adalah seringnya seseorang mengonsumsi minuman beralkohol. Minuman beralkohol sendiri memang sudah dikenal bisa merusak sistem kesehatan tubuh seseorang, terutama dibagian lambung dan hati yang berfungsi mencerna makanan dan mendetoksifikasi tubuh.

Bila Anda mengonsumsi alkohol, produksi asam lambung Anda akan meningkat untuk mencerna alkohol tadi. Peningkatan asam lambung yang berlebihan ini tentunya bisa membuat lambung Anda terluka sehingga menyebabkan rasa nyeri dan luka pada lambung Anda.

Bila hal ini terus Anda lanjutkan, maka rasa nyeri pada lambung Anda akan perlahan berubah menjadi penyakit gastritis yang menakutkan.

2. Sering Memakan Makanan yang Tidak Sehat

Penyebab lainnya dari penyakit gastritis ini adalah sering memakan dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Sejak dulu, makanan yang tidak sehat juga dikenal membawa banyak bibit penyakit. Hal ini juga berlaku pada penyakit gastritis.

Makanan yang tidak sehat membawa banyak sekali bakteri, salah satunya adalah Helicobacter pylori. Bakteri ini yang bisa menyebabkan penyakit gastritis, ini karena bakteri ini hidup di permukaan lender lambung.

Lambung yang ditumbuhi bakteri ini merespon dengan menganggap bakteri sebagai benda asing yang harus dicerna sehingga mengeluarkan banyak sekali asam lambung. Asam lambung yang terlalu banyak ini nantinya bisa membuat lambung Anda luka dan perlahan menyebabkan penyakit gastritis pada Anda.

3. Mempunyai Gejala Penyakit Auto Imun

Hal lainnya yang bisa menyebabkan Anda memiliki penyakit gastritis adalah bila Anda memiliki penyakit auto imun. Penyakit auto imun ini membuat tubuh Anda salah menanggapi penyakit dan akhirnya malah menganggap organ tubuh sendiri sebagai musuh dan terus menyerangnya.

Bila hal ini terjadi di lambung, maka akan mengakibatkan banyak masalah pada lambung, termasuk gastritis. Karenanya, bila menderita auto imun, Anda harus segera mendapatkan penanganan agar tak mengalami penyakit gastritis.

Itulah beberapa penyebab terjadinya gastritis yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda dapat menghindarinya dan mengurangi kemungkinan Anda terkena gastritis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *