Isi Surat Permintaan Maaf Elkan Baggott, Siap Berikan Segalanya Buat Timnas, Ini Respons PSSI

Pemain Indonesia berdarah Inggris, Elkan Baggott memiliki alasan tersendiri atas ketidakhadirannya dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia di Dubai beberapa waktu lalu. Hal itu dia ungkapkan dalam surat permintaan maaf yang ditujukan kepada PSSI. Surat tersebut dikirimkan Elkan Baggott kepada PSSI pada Sabtu (23/10/2021).

Dalam surat tersebut, Elkan Baggott memberikan informasi mengapa dirinya belum bisa datang menghadiri pemusatan latihan timnas Indonesia. Alasan utama bek Ipswich Town itu adalah pandemi Covid 19. Sebelumnya Elkan Baggott sempat dipanggil pelatih timnas Indonesia, Shin Tae yong, ke pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Namun kenyataannya, pemain kelahiran Thailand itu tidak juga bergabung bersama skuad Garuda. Baru baru ini Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, juga sudah menyampaikan bahwa pihaknya sudah menghubungi Elkan Baggott untuk bergabung ke timnas U 23 Indonesia. Akan tetapi, pemain berposisi bek itu dikatakan Iriawan menolak untuk bergabung.

PSSI tidak mempermasalahkan itu karena menurut Iriawan masih banyak pemain pemain hebat yang bisa membela tim Merah Putih. Bahkan, Iriawan menyebutkan mungkin saja Elkan Baggott akan pindah kewarganegaraan. Namun dalam surat yang dikirimkan, Elkan Baggott berjanji akan tetap bersama timnas Indonesia.

Ia mengaku siap untuk memberikan segalanya demi timnas Indonesia. Elkan Baggott sebelumnya memperkuat timnas U 19 Indonesia untuk persiapan menyambut Piala Dunia U 20 2021 di Indonesia. Event dua tahunan itu pun ditunda akibat Covid 19 dan digeser ke 2023 dengan tuan rumah masih Indonesia.

Pada 2023, Usia Elkan Baggott tidak bisa membela timnas U 19 Indonesia. Dari sana, Elkan Baggott sudah jarang sekali memenuhi panggilan tim Merah Putih. Walhasil banyak warga net yang menilai Elkan Baggott hanya ingin tampil di Piala Dunia U 20 saja.

Spekulasi itu pun semakin benar setelah nama Elkan Baggott tidak ada dalam skuad timnas U 23 Indonesia untuk menghadapi Australia U 23 pada Kualifikasi Piala Asia U 23 2022 di Tajikistan. "Sebelumnya saya minta maaf semoga Ketua Umum PSSI mengerti alasan saya." "Saya ini saya siap memberikan segalanya untuk timnas Indonesia demi mencapai tempat yang seharusnya," kata Elkan Baggott dilansir BolaSport.com dari laman resmi PSSI, Senin (25/10/2021).

Pertama tama saya ingin meminta maaf yang sebesar besarnya karena tidak menghadiri pemusatan latihan di Dubai. Alasannya adalah pada saat itu pemerintah Inggris dan klub saya (Ipswich Town) menyarankan untuk tidak datang karena situasi Covid 19 di Dubai buruk. Oleh karena itu jika saya bepergian, saya akan merasa beresiko.

Saya senang sekarang situasi Covid 19 sudah jauh lebih baik. Di Inggris dan Indonesia banyak orang yang sudah vaksin. Sekarang saya siap untuk membela dan memberikan segalanya untuk timnas Indonesia untuk membawanya ke tempatnya.

Semoga anda (Ketum PSSI) bisa memahami alasan saya Elkan Baggott PSSI memastikan belum menutup pintu untuk Elkan Baggott bergabung dengan timnas Indonesia.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Menurut Iriawan membela timnas Indonesia merupakan hak siapa saja dan termasuk Elkan Baggott. Terlebih, Elkan Baggott juga sudah mengirimkan surat permohonan maaf terkait alasannya belum bergabung dengan timnas Indonesia.

"Kalau dari sudut pandang saya, membela tim nasional Indonesia itu adalah hak semua pemain," kata Iriawan, dilansir laman resmi PSSI. "Kami sudah maafkan dirinya dan meminta dirinya untuk bergabung ke timnas Indonesia bila dibutuhkan oleh pelatih," ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.