Dieng Kulon Terpilih Jadi 50 Desa Wisata Terbaik, Sandiaga: Buka Lapangan Kerja bagi Anak Muda

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak kalangan muda membangun Negeri Nirwana untuk ciptakan peluang usaha dan lapangan kerja. Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno ketika meninjau Desa Wisata Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah pada Rabu (6/10/2021). Dalam kunjungannya, Sandiaga Uno sempat dihadang sejumlah anak muda untuk bermain sepak bola. Diajak sparing oleh mereka, jiwa mudanya tertantang.

Dirinya pun bergabung dalam Tim Pandawa melawan Tim Putra Armor. Permainan pun berlangsung alot. Kedua kubu saling serang sekaligus bertahan. Namun akibat kecerobohan bek Tim Putra Armor, Sandiaga Uno yang berhasil mendapatkan bola liar berhasil merubah kedudukan menjadi 0:1 untuk kemenangan Tim Pandawa. Skor tersebut bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. "Ngos ngosan, karena saya menyadari ini di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut, jadi udaranya tipis. Tadi saya ikut di Tim Pandawa melawan Tim Putra Armor, kedudukan 0:0, tapi saya mendapatkan bola yang dioper oleh lawan saya sendiri, dan kelihatannya sudah settingan, saya mencetak gol," ungkap Sandiaga mengundang tawa.

"Jadi saya mungkin menteri pertama yang menciptakan gol di ketinggian 2.100 Mdpl," tambahnya. Dalam laga yang berlangsung alot itu Sandiaga Uno mengaku melihat besarnya semangat para anak muda. Semangat yang menurutnya menjadi modal dalam membangun kawasan Desa Wisata Dieng Kulon. Oleh karena itu, dirinya berharap seluruh pihak, khususnya kalangan muda agar dapat mengambil peran dalam mengembangkan wisata desa yang dikenal juga bernama Negeri di Atas Awan itu. Tujuannya agar dapat menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja seluas luasnya bagi masyarakat, khususnya anak muda. "Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada seluruh unsur Desa Wisata Dieng Kulon," ungkap Sandiaga Uno seraya menyerahkan penghargaan kepada pengurus Desa Wisata Dieng Kulon.

"Intinya adalah kita ingin Desa Wisata Dieng Kulon ini bangkit, membuka lapangan kerja seluas luasnya dan wisatawan kembali datang," ujarnya. Dirinya meyakini Desa Wisata Dieng Kulon memiliki masa depan yang cerah. Lewat besarnya keindahan alam dan keragaman budaya lokal, Desa Wisata Dieng Kulon menurutnya layak bersanding dengan Kanada, Amerika Serikat maupun Swiss di Eropa Tengah. "Tadi saya berbicara dengan para wisatawan dari Jakarta, mereka bilang bahwa ini tidak kalah dibandingkan dengan Kanada, Mbak Nur sendiri bilang pemandangannya mirip seperti di Swiss," ungkap Sandiaga Uno.

"Inilah Negeri di Atas Awan atau Negeri Nirwana Desa Wisata Dieng Kulon," imbuh Sandiaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.